TABEL DATA DAN GRAFIK

A.    DASAR TEORI
Statistik adalah kumpulan data yang diperoleh dari berbagai macam cara, baik itu berupa hasil riset, penelitian, pengamatan, percobaan dan lain-lain. Statistic dapat berupa angka(kuantitatif) dan bilangan(kualitatif), yang mana kedua data itu biasanya akan digambar dalam berbagai jenis grafik misalnya histogram, polygon, ozive dan lain lain. Dan pengetahuan yang berhubungan dengan cara – cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan data dan penganalisisan yang dilakukan disebut Statistika.
Data dalam statistik akan disajikan dalam bentuk table(daftar) dan grafik(diagram). Sebelum menyajikan data dalam bentuk table maupun grafik maka hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara membuat table(daftar) distribusi frekuensi, bagaimana cara membuat grafik.
a.    Membuat daftar distribusi frekuensi:
·         Tentukan rentang data:
Rentang = Nilai Maks – Nilai Min
·         Tentukan banyak kelas interval:
K = 1 + 3,3 log n
·         Tentukan panjang kelas interval:
P =
·         Pilih ujung bawah kelas interval
b.   Membuat daftar distribusi frekuensi relative:
·         Buat daftar distribusi frekuensi
·         Hitung frekuensi relative tiap kelas dengan menggunakan rumus:
F(%) =  x 100 = …%
c.    Membuat daftar distribusi frekuensi kumulative dan ogive:
·         Buat daftar distribusi frekuensi
·         Hitung frekuensi kumulatif dengan cara menjumlahkan frekuensi demi frekuensi.
·         Buat grafik ogive
d.   Membuat histogram:
·         Buat daftar (table) distribusi frekuensi
·         Buat sumbu mendatar untuk menyatakan kelas interval
·         Buat sumbu vertical untuk menyatakan frekuensi
·         Kurangi batas bawah kelas interval dengan factor koreksi 0,5
e.    Membuat polygon:
·         Buat histogram
·         Hubungkan setiap nilai tengah pada histogram

B. PERMASALAN
      a. membuat data N = ... random yang diperoleh dari hasil penelitian 
      b. membuat tabel data secara manual dan spss
      c. membuat grafik data secara manual dan spss

C. PEMBAHASAN 
           a. Data N= … random
          Nilai ujian teori dan praktek siklus 1 di SMK .. . .
63  75  60  76  63  78  88  73  58  68  73  75  68
85  68  83  95  63  65  70  63  75  73  75  80  73
68  78  78  80  73  30  65  75  75  85  85  80  85
70  85  85  90  70  85  75  75  75  85  75  80  80
70  70  70  75  90  70  85  65  65  70  85  85  50

       b. Tabel Distribusi Frekuensi
·                    Rentang Data
                 1. Nilai Maks = 95
                 2. Nilai Min = 30
                 3. Nilai Maks – Nilai Min = 95 – 30 = 65
                 4. Banyak Kelas Interval (k) : 1 + 3,3 log n; n = 65; k = 1 + 3,3 log 65 = 6,98 = 7


                 5. Panjang/lebar kelas interval (p): rentang/k; p = 65/7 = 9,28 = 9 






















D. KESIMPULAN
·         Setelah membuat data N random, dapat disimpulkan bahwa rentang data mempengaruhi pembuatan table frekuensi. Panjang kelas yang paling bagus adalah 10.

·         Setelah kami melakukan perhitungan secara manual dan dengan menggunakan aplikasi spss dapat dilihat bahwa hasil yang diperoleh tidak jauh berbeda (sama). Ini membuktikan bahwa perhitungan yang kami lakukan sudah mendekati benar.




Daftar pustaka


      Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

       Nilazaima. “DISTRIBUSI FREKUENSI DAN APLIKASINYA MENGGUNAKAN SPSS”. Diakses:  16 september 2014. http://nilazaima.wordpress.com/2014/05/13/distribusi-frekuensi-dan-aplikasinya-menggunakan-spss/
      Mandiri,rumah.  “PENYAJIAN DATA (DENGAN TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI”.                            Diakses : 16 september 2014.
                       http://rumahmandiri.com/414/laporan-statistika-3- penyajian-data-dengan-tabe                                  distribusi-frekuensi/
      Ahli. “Pengertian statistika dan statistik”. Diakses 16 september 2014.                                                                   http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-statistika-dan-statistik.html


          










Komentar